Teryata simpanse lebih pintar dari mausia

Meski tak secerdas manusia dalam segala hal, simpanse mungkin lebih pintar khususnya dalam mengingat apa yang pernah dilihatnya sekilas. Bahkan, hasil penelitian di Jepang memperlihatkan bahwa simpanse memiliki ingatan visual yang lebih baik dari para mahasiswa.

"Masih banyak orang, termasuk para biolog, yang yakin bahwa manusia melebihi simpanse dalam segala fungsi kognitifnya," ujar Tetsuro Matsuzawa dari Universitas Kyoto, ketua peneliti yang melaporkan temuan tersebut dalam edisi terbaru jurnal Current Biology. Tidak seorang pun pernah menyangka bahwa simpanse berusia lima tahun memiliki ingatan lebih unggul daripada manusia.

Matsuzawa dan timnya menguji kemampuan tiga pasang simpanse induk dan anakan melawan mahasiswa-mahasiswa universitas menggunakan alat uji memori yang menggunakan angka. Simpanse-simpanse tersebut sebelumnya telah terlatih mengenal angka satu hingga sembilan.

Dalam penelitian tersebut mahasiswa dan simpanse diadu untuk mengingat kembali dan menunjuk letak angka-angka yang muncul secara acak dan sesaat di layar. Dengan kemunculan angka hanya 210 milidetik, mata tak diberi kesempatan banyak bergerak untuk mengekplorasi sekitar objek.

Simpanse-simpanses muda yang baru berusia lima tahun ternyata secara umum dapat mengingat kembali letak angka yang muncul secara lebih baik dibandingkan induknya maupuyn rata-rata mahasiswa. Simpanse memberikan respon lebih cepat dan lebih akurat dalam mengingat.

Dengan hasil seperti ini, para ilmuwan yakin bahwa simpanse muda memiliki memori fotografi atau kemampuan yang kompleks untuk untuk mengingat objek visual yang muncul sesaat. kemampaun seperti ini kadang-kadang juga dimiliki bayi, namun berkurang seiring pertumbuhan.

"Penelitian ini memberi tahu kepada kita bahwa kemampuan mengingat jangka pendek yang rumit mungkin jauh lebih penting bagi nenek moyang manusia daripada saat ini, mungkin terkait dengan meningkatkan kemampuan berbahasa," ujar Dr. Lisa Parr dari Pusat Primata yankee di Universitas Emory, Atlanta AS, menanggapi temuan tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar